27 March 2011

Pelatihan Dokter Kecil

Anak-anak adalah penerus generasi bangsa. Tanpa generasi yang kuat, sehat dan mandiri, bangsa ini tidak akan ada artinya. Oleh sebab itu mendidik anak mutlak diperlukan mulai sejak dini dan kesehatan merupakan salah satu unsur utama dalam pendidikan tersebut. Anak yang sehat pastilah kuat dan cerdas  dan dibutuhkan untuk membangun bangsa ini. Untuk itu melalui program UKS, Puskesmas Medan Area Selatan mengadakan pelatihan khusus bagi siswa-siswi SD / Sederajat tentang kesehatan yaitu pelatihan dokter kecil.

Suatu pelatihan untuk menanamkan kesadaran untuk hidup sehat, bagaimana menjalankannya dan mentransfernya ke pada yang lain dan lingkungan sekitarnya.
Pelatihan ini juga menyertakan bagaimana penanganan P3K sederhana dan tips-tips singkat melakukan tindakan awal terhadap gejala-gejala penyakit ringan sebelum dilakukan rujukan kesehatan. Pelatihan ini diikuti sebanyak 120  siswa-siswi  SD/ Sederajat yang berada di wilayah kerja Puskesmas dan berlangsung selama 2 hari dengan 2 sessi, yang dilakukan pada bulan Desember 2010 lalu. Dilatih oleh 2 dokter dan 2 paramedis dengan metode illustrasi masalah, diskusi dan tanya jawab dari berbagai materi.
Besar harapannya, apa kita lakukan ini  sedikit banyak dapat memberikan dampak positif untuk pembangunan kesehatan, dapat membentuk "agent of change"  sehjak dini, sebagai sumber inspirasi bagi yang lainnya yang pada akhirnya mampu generasi  tangguh di masa mendatang. (Admin)

No comments: